Menyusui Itu Tidak Mudah

Kenapa saya bilang ga mudah? Ya, karena memang ga mudah bagi saya ya, mungkin ada sebagian orang yang dikaruniai asi banyak dengan usaha yang biasa. Tapi ada juga yang harus berusaha mati-matian buat ngeluarin ASI, ada juga yang akhirnya pasrah dan beralih sufor, ada yang masih berusaha keluarkan asi plus disupport dengan sufor. Semuanya sama-sama baiknya, yang terpenting adalah.. anak kita sehat dan bisa tumbuh kembang dengan baik, that's it..

Tapi, memang idealnya seorang ibu punya insting ingin menyusui anaknya. Dan saya tergolong yang perlu usaha keras untuk itu

Di awal kehidupan anak saya, kami tidak sempat melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) tepat setelah lahir. Boro2 IMD, lahir saja anak saya ga nangis, tercemar ketuban ijo karena distress yang berujung dia pup di dalam rahim. Anak saya pun harus dipasang c-pap untuk bantu napas, dipasang selang untuk keluarkan sisa ketuban, diberi antibiotik, dan dirawat di inkubator.
Bayi saya tergolong BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah), 2,4 kg. Lahir di minggu ke 39 setelah kontraksi sejak awal minggu 38.

Kesalahan saya di awal masa menyusui adalah.. saya tidak berusaha cari ilmu tentang menyusui sebelum lahiran. Saya juga ga dapat info seputar lika liku menyusui. Jangan ditiru ya,. Saran saya buat bumils2, CARI INFO SEBANYAK2NYA TENTANG MENYUSUI SEJAK HAMIL, kalau perlu ikut kelas laktasi.

Kalau saya dulu, bulan ke 8 kehamilan, saya baru saja lulus koass dan terdeteksi bahwa bakal bayi saya kecil. Jadi saya hanya fokus untuk naikin BB anak saya, sambil siapkan untuk lahir normal. I.e. Jalan pagi dan sore keliling kompleks (kira2 30 menit dalam 1x jalan dengan badan tegak dan langkah sedikit cepat), ikut senam hamil, latihan pernapasan dan kegel. Dan saya juga sibuk persiapkan kebutuhan dedek dan searching tentang persiapan kelahiran.

Dan pengetahuan tentang menyusui itu bisa dibilang nol, hanya berbekal nasehat orang2 untuk makan2 sayuran hijau yang banyak biar asinya lancar. Selain itu, hanya beraku doa aja supaya asi cukup. Wis iku thok.. padahal nggak semudah itu kenyataannya.

Di hari pertama kelahiran anak saya, bidan menyuruh saya coba pompa PD. Saat itu saya hanya punya pompa silikon. Dan ga keluar sama sekali. Saya paksa terus, dan keluar cairan kekuningan tapi nempel di silikonnya.. jyaaah, gimana kasih ke anaknya, kan dia di inkubator. Alhasil, RS kasih sufor BBLR untuk anak saya, supaya terhidrasi. Saya pun sempat kecewa gabisa kasih asi di awal kehidupannya, tapi mau gimana lagi, dia itu BBLR dan ada infeksi, perlu asupan nutrisi segera.

Di hari ketiga, saya baru bisa ketemu anak saya. Saya pun yang batuk flu berat waktu itu sempat ragu untuk menyusui. Tapi akhirnya saya pilih pakai masker dan coba belajar menyusui. Bidan pun saat itu menghargai usaha saya. Dan si dedek sempat bisa nyusu lho meski sebentar, terharu banget rasanya..

Hari ke empat, kami boleh pulang. Tapi asi saya masih seret banget. Katanya sih kalau disusukan terus ke anak, lama2 akan banyak, tapi anak saya masih kesulitan menyusu. Just info, kebetulan ukuran puting saya sepertinya tergolong oversized, sedangkan bayi saya kecil. Jadi ya kegedean.. dianya susah mangapnya, haha. Akhirnya saya luluhkan hati. Yasudah lah, di sufor dulu. Tapi masih usaha terus untuk disusukan. Sesekali dia bisa nyusu langsung, lama2 frustasi. Mungkin memang produksi masih belum banyak ya.. tapi, saya telatenin terus. Dia sering banget nolak. Kalau lagi nolak, saya pompa asi saya yang masih sedikit (20-40 ml) terus saya taruh di botol dot, lalu diminumkan. Lama2 produksi lumayan meningkat, tapi yaa sedikit2 banget ningkatnya. Sufor perlahan saya kurangi. Ada orang yang bilang kalau di 40 hari pertama itu masa emas naikin produksi asi.. hmm, saya musti gimana ya, produksi asi saya meningkat tp masih kurang bgt untuk kebutuhan sehari dia minum.
Orang tua selalu bilang, "udah lah, buruan bikinin sufor aja, kasihan itu nangis2, asi mu mungkin masih seret."
Saya ga biasa ngeyel, jadi ya nurut aja. Tapi lama2, ternyata dia makin ga mau nyusu langsung, maunya hanya dot. Saya cari2 info, ternyata dia bingung puting. Saya cari juga cara mengatasinya.

Di minggu ke 3, orang tua saya sedang ada acara ke luar kota, saya pun di rumah sendiri 2 hari 2 malam, hanya ditemani si mbak di pagi hari. Disitu saya manfaatkan untuk paksa dia nyusu langsung. Nangis2 kejer ga karuan lah pasti. Dalam lubuk hati setengah ga tega, tapi harus ditega-tegain.. saya sengaja ga kasih dot, hanya di pipet, tapi ya gitu, dianya nangis, kalaupun ketelen itu terpaksa. Saya usahain nyusu langsung sambil di pipetin juga di ujung bibirnya, supaya dia merasa lebih lega karena bisa minum glek glek glek. Subhanalloh, dalam 2 hari saya paksa begitu terus, si dedek udah makin pinter nyusu langsung lho.. yeaaay, good job my lil girl!!
Nah,jadi pas yangti dan yangkungnya datang, mereka udah lihat si dedek pinter nyusu. 

Problem selanjutnya adalah.. pasokan asi saya masih sj belum cukup. Jadi kalau malam, dedek nangis kejer, alhasil yangti suruh saya segera bikinin sufor, saya sempat menolak beberapa kali, tapi yangti yangkungnya tetep bikinin. Namanya juga sayang cucu ya.. hhe
Tapii, si dedek selalu menolak sufor. Good job! Udah bisa bedain rasanya ya, dek? Hhehe. Saya juga bilang ke orang tua, insyaAlloh bisa cukup, karena katanya sih, payudara ga bakalan benar2 kosong kalau dihisap. Orang tua saya pun akhirnya luluh dan dukung asi full. 

Minggu ke 3 akhir, anak saya sudah asi full dengan menyusu langsung. Alhamdulillaaah, kemajuan luar biasa bagi saya. Dia juga sering nyusunya, 1,5 jam - 2  jam sekali. Saya lihat indikator asi cukup: pipis >6x, bab lancar, anak tenang,. Terpenuhi. Yang belum tau adalah peningkatan BB nya.
Jadi, di minggu ke 3 itu saya timbang BB anak saya. Naiknya banyak lho dibanding pas lahir (naik 1 kg). Tapi kan nyusu campur sufor. Nah, 3 minggu berikutnya saya timbang lagi untuk evaluasi apakah asi cukup. Eh, lha kok cm naik 1 ons .huaa, jangan2 ga cukup ya.. saya makin down ketika lihat temen2nya yang bulet bulet banget, dan sempat ngobrol dengan ibu2 yang sekali pompa dapat 250-280ml katanya.. jeng2.. aku mah jauuh dari itu..
Makin stress lah saya.

Begitu sampe rumah, saya coba pompa asi, pengen tau kira2 berapa sih kisaran hasil nya.. ternyata memang masih dikit,. 20-40 ml sekali pompa.. entah efek stres atau memang dikit begitu.
Ditambah lagi waktu itu saya juga diburu2 kampus tanda tangan ijazah ke jakarta, sedangkan saya di madiun. Waduh, makin stres tuh,. Mau ajak dedek ke jakarta juga kasihan, mau ditinggal, emang stok asi cukup??
Akhirnya saya cari2 info untuk meningkatkan pasokan asi. Yang saya terapkan adalah rajin pompa 2-3 jam sekali. Sekali pompa saya dapat 10-30 ml. Saya kumpulin aja tlaten thu, akhirnya 3 hari dapat 4 botol. Tapi saya juga bingung mau kasih media apa ke anak saya, karena pas dicoba lagi, dia udah ga bisa ngedot, lupa caranya.. pakai sendok nangis, pipet nangis dan keselek2,. Terus karena saya upload video anak saya yang ketawa2 aja pas disodorin dot, ada senior yang sarankan pakai dot pigeon peristaltic plus. Oke lah saya langsung cari2 di madiun, dan alhamdulillah nemu. Begitu dicoba, langsung bisaaa.. #ThePowerOfKepepet. Recommended nih botol dot. Udah ga terlalu mahal, katanya bisa menghindarkan dari bingung puting krn cara nyedotnya seperti nyusu langsung. Saya tes untuk nyusu langsung juga masih bisa lancar. Yeaaay, bunda bisa ke jakarta ya dek..

Keesokannya si dedek langsung kutinggal ke jakarta dan alhamdulillah aman. Ke jakarta nya kilat sih, jakarta-madiun cuma 14 jam, karena khawatir susu nya ga cukup.

Begitu dia bisa dot, ibu saya kasih masukan. "Dia minumnya banyak lho, kamu tinggal ke jakarta thu habis hampir 4 botol lho dalam 12 jam.. yawdah kl gitu mending di dot aja yuv biar bisa paksain banyak, supaya BB nya naik. "
Saya pun setuju saat itu dengan ibu saya. Jadi, media utama adalah dot, susuin langsungnya juga masih, tapi hanya beberapa kali. Saya memang ga terlalu yakin dia menyusu langsung bisa banyak, karena dia sering ketiduran dan ngempeng aja.
Beneran lho, dalam 3 minggu dia naik 600gr. Sesuai lah dengan standar nya.

Tapii, alhasil makin lama dia lebih milih dot, nyusu langsung masih bisa, tapi kalau pas asi nya kenceng. Kalau saya ngerasa asi lambat, dia juga nangis2 ga mau nyusu. Saya konsultasi ke senior, katanya kalau sama ibunya mending susuin langsung. Yang pakai dot itu hanya orang lain aja. 
Tapi gimana bisa begitu, seharian full saya sama dedek, orang tua saya justru sibuk. lihat dia nangis kejer kalau dipaksa, saya kasihan.. jadinya saya perah dulu dan kasih via botol.

sampai saat ini si dedek masih mau nyusu langsung kok kalau pas produksi asi nya banyak. Kalau dia udah nolak, aku langsung kasih dot. 

Hmm, cerita nyusu ini masih sampai disini.. alhamdulillah produksi asi semakin meningkat dan perlahan bisa nyetok, dan saya sekarang berusaha ga terlalu idealis harus nyusu langsung 100% saat bersama saya, tapi akan terus saya usahakan.
Yang penting bagi saya saat ini adalah Bayi saya sehat, naik BB nya cukup, dan perkembangannya bagus. Media minumnya apa saja, it's okay.. saya harus berusaha untuk penuhi.
Intinya, semua itu pilihan,. mau sufor, asi, atau campur,. mau nyusu langsung aja, dot aja, media lain, atau kombinasi, semua itu sama2 baik, karena seorang ibu pasti sudah berusaha yang terbaik untuk anaknya.

Sekian. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

First Pregnancy

Menuju Kelahiran Buah Hati Pertama

Daur Ulang Pospak: Menghemat Pengeluaran Pospak dan Alternatif Clodi