First Pregnancy

Kehamilan pertama itu adalah masa yang berkesan banget untuk seorang ibu. Karena diliputi rasa deg-degan setiap mau periksa kehamilan, menunggu harap-harap cemas untuk kehadiran sosok baru dalam keluarga. Setiap hari, untaian doa dihantarkan untuk janin yang ada di perut, semoga sehat selalu, tumbuh kembang sesuai semestinya.

Di bulan pertama, tentu masih belum sadar kalau aku hamil. Kehamilan bisa dideteksi begitu kita telat haid, sekitar minggu ke 5. Di minggu ke 5, setelah testpack positif, aku ditemani suami coba konsultasi ke SpOG. Kami memilih RSIA Hermina Jatinegara karena dekat dan banyak pilihan dokter obgynnya, plus tarif nya wajar untuk skala Jabodetabek. Setelah browsing2, aku nemu nama dr. Sawitri, SpOG, yang sering disebut2 di internet. Okelah kami coba.

Di minggu ke 5 itu, sudah kelihatan kantong kehamilannya, alhamdulillah semua normal, denyut jantung belum terdeteksi. Tapi, kami agak kurang sreg dengan dokternya,. yaaa ini cuma penilaian pribadi aja, cocok cocokan juga sih. Karena kami maunya cari dokter yang mau kasih banyak informasi dan melayani pertanyaan2 yang berjubel di benak ini. Tapi saat itu entah mungkin dokternya lelah, wkwk, terkesan seperti buru-buru mengakhiri sesi konsultasi karena masih banyak pasien menunggu. Pertanyaan2 kamipun dipendam dalam2. Oke, kami akhirnya coba ke dokter lain di minggu ke 8. Browsing3, akhirnya nemu nama dr. Sitti Fausihar, SpOG. Daan kamipun cocok, pro banget sama dokter ini. Masih muda dan energik, suara ngomongnya aja udah merdu dok, asik banget dokternya diajak ngobrol. Dia selalu komunikasikan hasil usg nya detiil banget, disebutkan kesesuaiannya dengan usia kehamilan, dikasih banyak anjuran dan pantangan makan, diyakinin kalau kita bisa normal dan sehat, dsb. Jadinya aku bisa banyak dapat info, dan gali info dari beliau, recommended lah pokoknya si dokter gaul ini. Tapi memang konsekuensi kontrol ke beliau di weekend itu, antrinyaa MasyaAlloh, panjang banget. Beliau ga nerima pasien dadakan ya, kita bisa telfon ke Hermina H-7 untuk booking kontrol. Kami biasanya telp sesegera mungkin, supaya dapat nomor awal, jadi bisa cepet nunggunya. Pasien beliau dipanggil berdasar nomor booking telfon ya, bukan yang duluan datang di hari H. Ntar jadinya kayak kami dulu, udah datang awal tp booking dpt nomor bontot (36), akhirnya nunggu dari jam 2 sampe lewat magrib baru dipanggil. Tapi keselnya penantian kami terbayar dengan hasil konsultasi yang memuaskan, ramah banget dokternya..

Bulan ke 2 hingga ke 4, aku mengalami mual dan kadang muntah, terutama di malam hari kalau habis sikat gigi. Akhirnya disiasati, makan malam harus sebelum magrib, karena dari siang ke magrib, nafsu makan justru menggila, bisa makan banyak banget dibanding sebelum hamil. Tapi kalau malam ke pagi, mual mual mulu bau makanan yang ada bawangnya dan parfum. Alhamdulillah meski agak mual gitu, koass tetap lancar, karena aku jadwalkan pasienku hampir semuanya di shift siang.

Lewat bulan ke 4, alhamdulillah sehat banget, masih mual sih bau bawang ditumis. Tapi ga sampai muntah. Alhamdulillah lancar jaya per koass-an dan ujian ujiannya. Naah, di bulan2 itu juga, aku sudah di penghujung koass, yang mana dikit2 ujian. Dedek di perut pun diajak mikir mulu, makan pun mulai ga karuan, ngasal banget karena pikiran terfokus untuk mengejar kelulusan periode itu.

Di bulan ke 6, aku ujian kelulusan. Di bulan itu juga, suamiku ditugaskan proyek ke cilegon, LDM lah kitaaa.. dan persiapan ujian ini ga gampang, musti belajar mati matian untuk bisa lulus. Hampir tiap hari belajar bareng temen, ga jarang juga nginep di kosan temen buat belajar, makan pun yaa seadanya lah ya. Sebenernya ada untungnya juga sih, si suami ga di rumah, jadi aku bisa fokus kejar tayang belajar sama temen2, ga ada yang nungguin di rumah. Haha (mantan anak liar, ups)

Alhamdulillah di bulan ke 7 diumumkan kalau kami se almamater lulus 100%, itu juga ga lepas dari kerjasama dan kekompakan belajar kami. Nikmat tak disangka juga, aku dipanggil sebagai lulusan terbaik batch ini di sumpah dokter gigi. Syukur banget ke semuanya,. Alloh, suami yang senantiasa dukung, bapak mama yang bimbing terus, temen2 yang perhatian, dan tak lupa dedek di perut yang anteng dan support penuh bundanya buat lulus periode itu..

Selepas lulusan di bulan ke 8, aku ditemani mama, periksa kehamilan ke dr. Sitti. Daan terdeteksilah kalau si dedek kurang banget BB nya, lingkar perut kecil, ketahuan deh kalau aku makannya ngasal. Ditambah ada lilitan pula di leher dedek. Astagfirulloh, ampuni hamba, lupa kalau ada dedek yang membutuhkan makan lebih, hiks. Alhasil aku ga boleh puasa dulu sama dokternya, karena waktu itu memang mau masuk bulan ramadhan.

Akhirnya, setelah lulus dan pulang ke madiun, tiap hari mama masakin makanan high protein. Daging, ikan, ayam, telur, semua kumakan tiiap hari, plus sayur buah juga ya. Pesan dr. Sitti, yang penting banyakin karbohidrat dan proteinnya, jadi porsi nasi dan lauk, lebih gede dari sayur buah. Aku sudah berusaha penuhi gizi itu. 3 minggu kemudian, aku kontrol di madiun, ke dr. Susanti, SpOG. Beliau praktik di RSI dan RSIA Al Hasanah Madiun. Alhamdulillah, lilitan sudah ga ada, berat dedek tercukupi. Aku juga tanya, apakah boleh puasa. Beliau bilang "monggo kalau mau puasa, makan tetap porsi normal 3x sehari ya". Yes, akhirnya bisa puasa. Di akhir ramadhan cek lagi, beliau bilang oke normal. Memang dokter satu ini super tenang orangnya, jadi semua seperti baik-baik aja, padahal kalau kuamati hasil usg nya sih masih ada ukuran2 yang lebih telat dari usia kehamilan seharusnya. Tapi kalau dokter bilang normal, aku pun juga tenang.

Puasa berlalu, berganti lebaran. Lebaran minggu pertama, aku ikut mudik bersama keluarga madiun dan suami. Kita on the way terus lah pokoknya di 4 hr pertama lebaran. Setelah itu, suami pun balik ke cilegon, LDM lagi.

Seminggu kemudian, di minggu 38, muncullah kenceng2 di perut.. jeng jeng

*Lanjut ke postingan selanjutnya yaa, kepanjangan euy.. *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menuju Kelahiran Buah Hati Pertama

Daur Ulang Pospak: Menghemat Pengeluaran Pospak dan Alternatif Clodi